Saturday 21 May 2016

Ijazah Bukan Jaminan Sukses (Kisah Bill Gates)

     Hai Sobat Bagong siapa sih yang tidak kenal dengan Bill Gates? pasti semua sudah tahu semua orang terkaya No. 1 di dunia ini, bahkan sampai di daulat sebagai orang terkaya sedunia versi Forbes tahun 2014 dan versi Hurun Research Institute 2015.
 

     William Henry Gates yang sering kita sebut Bill Gates ini lahir di Seattke, Washington 28 Oktober 1995. Bill mempunyai seorang ayah bernama Bill Gates Jr bekerja sebagai pengacara, seorang ibu bernama Mary seorang mantan guru. Sebagai anak ke 2 dari 3 bersaudara Bill memiliki hobi "hiking".

     Sejak kecil, Bill terbilang anak yang cerdas. Di usia 8 tahun ,Bill kecil sanggup menyelesaikan bacaan Ensiklopedia Dunia sang ayah. Saat Sekolah Dasar Bill kecil selalu mendapat nilai yang menggembirakan ,terutama untuk pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

    Bill diberi fasilitas sekolah favorit oleh ayah dan ibunya ke sekolah swasta yang terkenal bernama Lakeside School. Ketika masuk sekolah Bill, kebetulan sekali sekolah Lakeside baru membeli sebuah komputer. Beruntungnya lagi Bill bertemu Paul Allen anak yang cerdas sekaligus sahabat nya Bill. Tidak membutuhkan waktu yang banyak bagi Bill untuk menguasai Basic Komputer, termasuk Paul dan kepintaran itulah yang membuat guru disekolahnya memberi julukan "Si Eksentrik" pada Bill. Julukan ini diberikan kepada Bill karena kemampuan komputer Bill, misalnya Bill mampu meng-hack komputer sekolah, mengubah jadwal, dan penempatan siswa.

 
     Perpustakaan dan laboratorium komputer membuat kecerdasan Bill dan Paul semakin berkembang. Tahun 1968, Bill bersama Paul beserta 2 hacker lainnya disewa menjadi tester sistem keamanan perusahaan Computer Center Cop . Sebagai imbalan mereka bebas mengoperasikan semua komputer yang berada di perusahaan tersebut.Bill benar benar memasuki dunia komputer saat berada di Computer Center Cop, bahkan ide Microsoft lahir disana.

     Bill juga berhasil membuat program sistem pembayaran untuk Information Science Inc, yang merupakan bisnis pertamanya. Bill bersama Paul mendirikan perusahaan Traf-O-Data, inilah bisnis perusahaan yang kedua. Lahirlah komputer kecil yang mampu mengukur aliran lalu lintas dari tangan mereka. Bill juga bekerja sebagai debugger di perusahaan kontraktor pertahanan TRW, dan sebagai penanggung jawab komputerisasi jadwal sekolah.

     Pada awalnya orang tua Bill khawatir, karena Bill terlalu bermain main dengan komputer. Tapi semua itu pudar saat Bill masuk Harvard Fakultas Hukum pada tahun 1973. Di almamater nya Bill dapat mengikuti pelajaran dengan baik, tapi lagi lagi perhatian Bill di alihkan oleh komputer. Bill terkenal karena kejeniusannya, bahkan salah seorang dosen menyebut Bill sebagai programer yang jenius sekaligus menyebalkan.

     Hubungan Paul dan Bill tidak sirna karena Paul masuk Harvard. Pada tahun 1975, Paul berkunjung ke Bill membawa majalah " Popular Electronic ", Cover majalah ini menarik perhatian Paul karena memperlihatkan komputer pribadi pertama bernama Altair 9090. Paul membaca artikel yang didalamnya berjudul " World's First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models ".

     Bill dan Paul berdiskusi bahwa era komputer rumah akan segera hadir, membuat keberadaan software sangat diperlukan, ini adalah kesempatan besar mereka. Beberapa hari kemudian Bill menghubungi perusahaan Altair. Bill menyampaikan dia dan Paul berhasil membuat software BASIC yang bisa digunakan oleh Altair. Altair sangat tertarik pada software yang dibuat mereka berdua.

    Setelah penawaran Bill diterima oleh Altair, Bill dan Paul mencari kontrakan di Al Burquegue, New Mexico. Dalam waktu 8 minggu software BASIC tersebut siap di fungsikan oleh Altair. Paul menuju Altar untuk mempresentasikan BASIC yang dirancang bersama Bill. Walaupun ini merupakan pengalaman pertama bagi Paul dan Bill dalam mengoperasikan Altair, tetapi software tersebut dapat berjalan sempurna


     Dengan satu pengalaman penting ini, keduanya di datangi beragam proyek pekerjaan yang berhubungan dengan dunia komputer. Misalnya seperti Commodore, NCR, Radio Shack, dan Texas instrument. Keduanya begitu menyenangi pekerjaan tersebut, sampai akhirnya Bill dan Paul sepakat menciptakan sebuah perusahaan bernama Microsoft. Perusahaan ini tercipta setahun setelah Bill dan Paul bekerja di Altair.

     Kecintaan Bill dan Paul terhadap dunia yang digeluti, membuat Bill bosan dengan dengan akademiknya, sampai ia mantap keluar dari Harvard. Keluar dari kampus tidak membuat Bill dan Paul ditolak oleh perusahaan yang berhubungan dengan komputer. Malah sebaliknya, Bill dan Paul yang sudah mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer, kian hari semakin sukses.

    Satu peristiwa yang sangat menguntungkan bagi Bill dan Paul adalah terjadinya penandatanganan kontrak kerja antara Microsoft dan IBM. Mereka begitu senang hati dengan kontrak besar tersebut, karena keduanya tahu bahwa IBM adalah perusahaan ternama dunia. Jadi mereka yakini apa yang mereka produksi tidak mengalami kesulitan dalam pemasaran.

    Sampai hari ini, masyarakat di dunia senantiasa menyadingkan nama Bill Gates dengan perusahaan raksasa yang bernama Microsoft itu. Selain itu Bill Gates juga identik dengan orang terkaya di dunia baik versi Forbes maupun Hurun Research Institute. Nama Bill Gates dianggap lebih populer ketimbang presiden atau tokoh politik Amerika sekalipun. Begitulah sejarah hidupnya
(sumber: buku notebook)
    Tahun 2014 terhitung kekayaan Bill Gates mencapai Rp896,8 trilliun
    Membaca kisah perjuangan dan kejeniusannya tidak mudah, membutuhkan dedikasi tinggi.
Beberapa quotes Bill:
" if your born poor it's not your mistake, but if you die poor it's your mistake "
" i always choose a lazy person to do a difficult job Because he will find easy way to do it"
" life is not fair, get used to it"
" succees is a lousy teacher. it seduce smart people into thingking they cant lose"

Jangan lupa komen/kritik/saran
Copas boleh asalkan disertakan sumbernya ya :*

     

2 comments:

  1. Untuk menggapai kesuksesan perlu usaha yang besar, tidak bisa didapat dengan santai-santai, karena sukses itu sebenarnya adalah hasil dari berkali-kali kita mencoba.

    ReplyDelete